Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 30 Agustus 2015

Online Shopping, Untung atau Rugi???


Hey hoo welcome back.. kali ini gw mau nulis atau sekedar review pengalaman gw belanja online. Beberapa minggu belakangan  ini gw lagi doyan-doyannya belanja online karena cepet gak keluar tenaga buat ke mall dan banyak varian.

Tapi belanja online juga gak selamanya baik, karena beberapa hal bisa membuat belanja online seperti buah simalakama karena ada untung dan ruginya sendiri. Dan sekarang gw akan share beberapa hal juga yang bisa jadi bahan pertimbangan buat belanja online. Okee berikut pengalaman gw belanja di tiga online shop terkenal di indonesia yak cekidot....



1. LAZADA

Well lazada ini bisa dibilang salah satu yang paling terkenal di Indonesia, dan pertama kali gw belanja online ya di lazada ini, waktu itu gw belanja 2 barang yaitu, pelindung lutut untuk olahraga dan headset wireless, total belanja gw kira ada lah yaaa hahaha. Oke plus nya menurut gw belanja di lazada itu barangnya super banyak dan lengkap jadi lu mau cari apa aja ada mulai fashion, elektronik sampe makanan juga ada, selain itu lazada ni udah punya banyak partner bank jadi gampang kalo mau pembayaran.

Tapi ada plus ada juga minusnya dong, menurut opini gw minusnya lazada ni adalah harga barang kadang lebih mahal dari toko online tetangga jadi klo mau belanja di lazada kudu ngebandingin dulu nih harga di lazada ama toko online yang lain jangan malah kita rugi, selain itu waktu belanja di lazada ini gw sempet dibuat was-was karena konfirmasi pembayarannya lama, well gw gak tahu apa cuma gw doang yang kayak gitu atau yg lain juga pernah, jadi waktu itu gw milih bayar lewat transfer atm nah kita tuh musti upload bukti transfernya (ribet dah) nah setelah gw upload sampe 3 harian, pembayaran gw belum di konfirmasi jadi gw hubungin tuh cs lazada nah gak lama bru deh di konfirm pembayaran gw, nah itu menurut gw ribetnya lazada mesti upload bukti transfer segala, dan gak otomatis. Dan untuk pengiriman lazada ni termasuk cepet kebetulan gw di malang dan barang gw nyampe sekitar 2 harian setelah konfirmasi pembayaran.

2. ELEVENIA

Elevenia nih salah satu toko online yang mulai naik daun juga karena iklannya yang jor-joran. Gw gak lama ini belanja juga di elevenia. Gw belanja 3 barang yaitu sepatu, sweater dan kaos polo. Nah minusnya elevenia ini karena dia sistemnya barang yg dijual itu dari seller pihak ke-3 jadi barang yang kita beli dari seller yang berbeda gak bisa dijadiin satu dan harus terpisah, jadi ongkirnya tambah mahal karena kita harus bayar ongkirnya dipisah, jadi misal kita belanja 2 barang dari seller yang beda dan ongkirnya misal 20.000/barang, ongkir kita nambah jadi 40.000.


Selain itu web elevenia ini menurut gw terlalu rame, jadi susah klo opini gw sih. Tapi enaknya elevenia ini banyak voucher dan cara pakenya unik, yaitu vouchernya kita download dulu baru belanja, jadi kita bebas milih mau voucher yang berapa aja tapi ya tetep semakin besar nominal voucher, semakin besar juga minimum nominal pembelian kita. Dan beda kayak lazada klo kita milih transfer bank, setelah kita transfer maka otomatis akan terkonfirmasi jadi gak perlu upload bukti pembayaran lagi. Mungkin kalo kita baca review elevenia di internet nih banyak yang negatif yak kayak barang gak terkirim, terus uang kita gak bisa di refund klo misalnya salah barang, dan proses pengiriman yang lama banget well alhamdulillah gw normal-normal aja selama belanja di elevenia dan lazada, karena menurut gw semakin ke sini pelayanan di elevenia dan toko online lain juga semakin baik kok, jadi tinggal kitanya aja lebih hati-hati. Sama juga kayak lazada di elevenia juga barangnya lumayan lengkap dan well harganya klo menurut gw sih normal dan gak terlalu mahal.

3. ZALORA

Nah yang terbaru nih gw belanja di zalora, kebetulan zalora nih satu perusahaan sama lazada jadi mereka nih termasuk anak perusahaan rocket internet dan zalora nih udah ada di banyak negara asia tenggara dan juga Australia dan Selandia Baru. Nah klo zalora nih khusus fashion aja, dan menurut gw barang-barang yang dijual di zalora nih agak mahal, well wajar ya karena yang dijual zalora kebanyakan merek-merek yang udah terkenal kayak Levi's, Vans, Ripcurl dsb.

Enaknya zalora nih bisa COD jadi gak perlu was-was kalo misal paket kita gak sampe-sampe karena kita belum bayar gak perlu ribet refund klo mau ngebatalin pembelian. Selain itu barang barang di zalora nih lengkap dan variannya banyak kemaren sih gw beli 1 henley doang dan itu COD. Tapi agak minusnya yaitu proses pengirimannya lama, gw sendiri harus nunggu 3 hari sampe barang gw dikirim dan butuh 3 hari barangnya nyampe kos gw yang notabene ada di Malang. Jadi nih recommended buat yang nyari barang dengan brand luar negeri tapi harus hati-hati juga sama kualitas barangnya ya. Plusnya lagi nih buat zalora berdasar review yang gw baca di internet pelayanan zalora nih oke punya lo, jadi waktu itu gw baca kalo salah satu pembeli komplain karena dia beli sepatu baru dipake sekali langsung jebol dan dia minta ganti ke zalora dan ternyata sama zalora di kasih yang baru dan sepatu yang lama gak perlu dikembaliin loh. haha keren juga nih zalora. Kebetulan gw ada foto foto nih belanjaan gw di zalora.



So well itu aja sih pengalaman gw, sejauh ini gw baru nyoba belanja di 3 toko diatas dan lain kali mungkin gw bakal nyoba beli di toko lain kayak tokopedia, atau blibli. Saran gw sih buat yang mau beli online daripada beli2 barang di instagram mendingan beli di toko toko diatas itu karena udah terjamin dan gampang klo mau komplain atau ada masalah. Dan juga sering sering compare harga, jadi kita dapet barang yang paling murah. Selain itu kita juga harus lebih bijak dalam belanja dan perhatiin betul betul metode atau tata cara yang ada di web mereka, karena barangkali ada masalah siapa tahu masalahnya itu bukan karena kelalaian mereka tapi kelalaian kita sebagai pembeli. Nah sekian post gw kali ini dan gw tekenin gw bukan promosi ya lagian gw kagak dibayar ama mereka, tapi klo mereka mau bayar gw ya gpp hahahhaa. Well selamat belanja aja deh semoga gak ada masalah yak...


SOURCE : Pengalaman Pribadi, Wikipedia, All The Images Are Belong To Their Respective Owners